Kamis, 13 Juni 2013

Penyakit Radang Kandung Empedu

  Kolesistitis adalah radang kandung empedu yang merupakan inflamasi akut dinding kandung empedu disertai nyeri perut kanan atas, nyeri tekan dan panas badan. Waspadai jika mengalami gejala tersebut jangan diabaikan,sebaiknya segeralah lakukan pemeriksaan untuk mengetahui pasti penyebabnya. Namun jika anda yang terdiagnosa terkena radang kandung empedu sebaiknya lakukan pengobatan yang tepat,selain pengobatan medis kini ada pengobatan herbal,yaitu pengobatan yang dilakukan secara alami dan aman mengatasi peradangan dengan aman dan alami.
Kandung empedu adalah organ berbentuk buah pir yang dapat menyimpan sekitar 50 ml empedu yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan. Pada manusia, panjang kantung empedu adalah sekitar 7-10 cm dan berwarna hijau gelap – bukan karena warna jaringannya, melainkan karena warna cairan empedu yang dikandungnya. Organ ini terhubungkan dengan hati dan usus dua belas jari melalui saluran empedu. Pada 90% kasus, penyebab utama radang kandung empedu adalah adanya batu empedu didalam kandung empedu.


Penyakit radang kandung empedu adalah peradangan pada dinding kandung empedu akibat adanya batu atau pasir empedu. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang baik.

Radang kandung empedu Dikenal dua klasifikasi yaitu akut dan kronis
  • Kolesistitis Akut adalah peradangan dari dinding kandung empedu, biasanya merupakan akibat dari adanya batu empedu di dalam duktus sistikus, yang secara tiba-tiba menyebabkan serangan nyeri yang luar biasa
  • Kolesistitis Kronis adalah peradangan menahun dari dinding kandung empedu,yang ditandai dengan serangan berulang dari nyeri perut yang tajam dan hebat. Cholesistektomy adalah bedah pengangkatan kandung empedu (biasanya untuk relief batu empedu sakit).

Gejala Radang Kandung Empedu

Gejala-gejala yang terjadi pada penderita kandung empedu:
  • Nyeri pada bagian kanan atas perut seperti gejala sakit maag/tukak lambung
  • Nyeri yang hilang timbul dan berpindah-pindah tempat dari sebelah kanan atas perut lalu mengarah ke punggung, dan berpindah lagi ke bahu dan ke dada depan.
  • Biasanya rasa sakitnya akan timbul antara 1-2 jam setelah makan. Menyebabkan penderita kehilangan selera untuk makan karena takut merasakan sakit sesudah makan.
  • Gangguan pencernaan, perasaan mual yang disertai dengan muntah-muntah dan berkeringat dingin.
  • Perut terasa kembung terutama sesudah makan-makanan yang berlemak, makanan yang digoreng, dan sayur-sayuran hijau.
  • Rasa sakit lebih sering timbul pada waktu malam hari, sehingga membangunkan penderita secara mendadak.
  • Kulit berwarna kuning (apabila batu empedu menghalangi saluran empedu).
  • Suhu badan menjadi tinggi.

Komplikasi Radang Kandung Empedu
  • Demam tinggi, menggigil, peningkatan jumlah leukosit dan berhentinya gerakan usus (ileus) dapat menunjukkan terjadinya abses, gangren atau perforasi kandung empedu.
  • Serangan yang disertai jaundice (sakit kuning) atau arus balik dari empedu ke dalam hati menunjukkan bahwa saluran empedu telah tersumbat sebagian oleh batu empedu atau oleh peradangan.
  • Jika pemeriksaan darah menunjukkan peningkatan kadar enzim amilase, mungkin telah terjadi peradangan pankreas (pankreatitis) yang disebabkan oleh penyumbatan batu empedu pada saluran pankreas (duktus pankreatikus).
Umumnya perempuan lebih banyak yang kena dibanding laki-laki. Semakin tinggi umur maka risiko terkena batu kandung empedu ini semakin tinggi terutama jika berusia di atas 40 tahun.

Risiko lain terjadinya batu kandung empedu antara lain obesitas, diabetes mellitus, penurunan berat badan yang mendadak, pasien dengan sindrom metabolik seperti kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang rendah, kadar trigliserida yang tinggi, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, riwayat keluarga kandung empedu, diet tinggi lemak, tinggi kolesterol serta rendah serat.

Selain itu pasien yang sudah dioperasi kandung empedunya tetap harus menjaga asupan makanan, karena bisa saja terbentuk pasir dan batu pada saluran empedunya meskipun kandung empedu itu sendiri sudah diangkat.

berikut adalah kiat-kiat yang semestinya Anda lakukan sebagai bentuk pencegahan.

1. Kurangi mengkonsumsi jenis makanan yang digoreng. Karena lemak tak jenuh dalam gorengan akan memicu penumpukan cairan di dalam kantong empedu. Sehingga lama-kelamaan akan membatu karena sulit diserap oleh usus.

2. Lemak merangsang kandung empedu untuk bekerja lebih keras. Untuk itu ada baiknya Anda juga menghindari jenis makanan yang berlemak.

3. Batasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Karena kebanyakan penderita batu empedu juga penderita obesitas.

4. Kembalilah pada pola hidup yang sehat. rutinlah dalam berolahraga dan cukupi asupan air putih.

5. Perbanyak mengkonsumsi apel atau sari apel. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa apel berkhasiat untuk melembutkan batu empedu. 

Pengobatan Radang Kandung Empedu

Para penderita radang kandung empedu dianjurkan menggunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya, usahakan jangan mengangkat beban atau beraktivitas terlalu berat. Hindari makanan yang berlemak dan goreng-gorengan, karena akan menyebabkan serangan pada kantong empedu.

Jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk terapi pengobatan radang kandung empedu diantaranya mempunyai efek sebagai antiradang (anti-inflamasi), membantu meredakan rasa sakit (analgetik), menurunkan panas (antipiretik), kolagogum (melancarkan pengeluaran empedu), dan membantu menghancurkan batu kandung empedu karena pada sebagian besar radang kandung empedu disebabkan oleh pecahan batu yang mengiritasi dinding kandung empedu dan saluran empedu .

Kami Adalah Pusat Pengobatan Herbal, yang insya Alloh adalah solusi untuk mengobati segala penyakit anda. Anda sudah berobat kemana-mana dan tidak kunjung sembuh? Cobalah berobat pada kami. Selama ini sudah ratusan bahkan ribuan pasien yang telah kita sembuhkan . Pasien kami seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan beberapa negara lain. Metode Penyembuhan kami sangat sederhana ,yang pertama Anda harus yakin sembuh dan berdoa pada Yang Di Atas dan yang kedua kami akan bantu penyembuhanya.
Silahkan Kontak Kami Untuk Konsultasi Masalah Penyakit Anda di :

085292845406

087736715345

081391070834

telepon / sms  OK (24 jam Pelayanan)


"Tidaklah Allah turunkan penyakit,kecuali Allah turunkan pula obatnya"


Baca Juga : Penyakit Polip
                    Penyakit Ginjal

1 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali artikelnya..

    http://www.tokoobatku.com/obat-radang-pankreas-herbal/

    BalasHapus